About

CSA 07
Leader : Geraldine Susanto (12.511.020)
Member : Wanda Puspa Sari (12.511.045)

Jumat, Maret 07, 2014

PROTOTYPE

PROTOTYPE

PROTOTYPING MODEL
Definisi Prototyping Model
     Prototyping merupakan salah satu metode pengembangan perangat lunak yang banyak digunakan. Dengan metode prototyping ini pengembang dan pelanggan dapat saling berinteraksi selama proses pembuatan sistem. Sering terjadi seorang pelanggan hanya mendefinisikan secara umum apa yang dikehendakinya tanpa menyebutkan secara detaIl output apa saja yang dibutuhkan, pemrosesan dan data-data apa saja yangdibutuhkan. Sebaliknya disisi pengembang kurang memperhatikan efesiensi algoritma,kemampuan sistem operasi dan interface yang menghubungkan manusia dan komputer.Untuk mengatasi ketidakserasian antara pelanggan dan pengembang maka harus dibutuhakan kerjasama yang baik diantara keduanya sehingga pengembang akan mengetahui dengan benar apa yang diinginkan pelanggan dengan tidak mengesampingkan segi-segi teknis dan pelanggan akan mengetahui proses-proses dalam menyelasaikan system yang diinginkan. Dengan demikian akan menghasilkan system sesuai dengan jadwal waktu penyelesaian yang telah ditentukan.Kunci agar model prototype ini berhasil dengan baik adalah dengan mendefinisikan aturan-aturan main pada saat awal, yaitu pelanggan dan pengembang harus setuju bahwa prototype dibangun untuk mendefinisikan kebutuhan. Prototype akan dihilangkan sebagian atau seluruhnya dan perangkat lunak aktual aktual direkayasa dengan kualitas dan implementasi yang sudah ditentukan.

     Prototyping adalah salah satu pendekatan dalam rekayasa perangkat lunak yang secaralangsung mendemonstrasikan bagaimana sebuah perangkat lunak atau komponen-komponenperangkat lunak akan bekerja dalam lingkungannya sebelum tahapan konstruksi aktual dilakukan (Howard, 1997).

Prototyping model, dapat diklasifikasikan menjadi beberapa tipeseperti terlihat pada gambar :



Klasifikasi prototyping model :
Reusable prototype :Prototype yang akan ditransformasikan menjadi produk final.
Throwaway prototype :Prototype yang akan dibuang begitu selesai menjalankan maksudnya.
Input/output prototype :Prototype yang terbatas pada antar muka pengguna (user interface).
Processing prototype :Prototype yang meliputi perawatan file dasar dan proses-proses transaksi.

     System prototype :Prototype yang berupa model lengkap dari perangkat lunak.Tahap-tahap dalam prototyping boleh dikata merupakan tahap-tahap yang dipercepat. Strategi utama dalam prototyping adalah kerjakan yang mudah terlebih dahulu dan sampaikan hasil kepada pengguna sesegera mungkin.

 Tahapan-tahapan secara ringkas dapat dijelaskan sebagai berikut :



Identifikasi kandidat prototyping. Kandidat dalam kasus ini meliputi user interface (menu,dialog, input dan output), file-file transaksi utama, dan fungsi-fungsi pemrosesan sederhana.
Rancang bangun prototype dengan bantuan software seperti word processor,spreadsheet, database, pengolah grafik, dan software CASE (Computer-Aided SystemEngineering).
Uji prototype untuk memastikan prototype dapat dengan mudah dijalankan untuk tujuan demonstrasi.
Siapkan prototype USD (User’s System Diagram) untuk mengidentifikasi bagian-bagian dari perangkat lunak yang di-prototype-kan.
Evaluasi dengan pengguna untuk mengevaluasi prototype dan melakukan perubahan jika diperlukan.
Transformasikan prototype menjadi perangkat lunak yang beroperasi penuh dengan melakukan penghilangan kode-kode yang tidak dibutuhkan, penambahan program-program yang memang dibutuhkan dan perbaikan dan pengujian perangkat lunak secaraberulang

Proses pada model prototyping bisa dijelaskan sebagai berikut:

Pengumpulan kebutuhan: developer dan klien bertemu dan menentukan tujuan umum, kebutuhan yang diketahui dan gambaran bagian-bagian yang akan dibutuhkan berikutnya. Detil kebutuhan mungkin tidak dibicarakan disini, pada awal pengumpulan kebutuhan
Perancangan : perancangan dilakukan cepat dan rancangan mewakili semua aspek software yang diketahui, dan rancangan ini menjadi dasar pembuatan prototype.
Evaluasi prototype: klien mengevaluasi prototype yang dibuat dan digunakan untuk memperjelas kebutuhan software.Perulangan ketiga proses ini terus berlangsung hingga semua kebutuhan terpenuhi.Prototype-prototype dibuat untuk memuaskan kebutuhan klien dan untuk memahami kebutuhan klien lebih baik. Prototype yang dibuat dapat dimanfaatkan kembali untuk membangun software lebih cepat, namun tidak semua prototype bisa dimanfaatkan.Sekalipun prototype memudahkan komunikasi antar developer dan klien, membuat klien mendapat gambaran awal dari prototype.Penjelasan pengertian Prototyepe berdasarkan Ilmu Interaksi Manusia dan Komputer. Prototype merupakan alat yang digunakan untuk mensimulasikan beberapa atau tidak semua fitur dari sistem yang akan dibuat. Terdapat 3 pendekatan utama prototyping, yaitu:

1.Throw-Away
Prototype dibuat dan dites. Pengalaman yang diperoleh dari pembuatan prototype digunakan untuk membuat produk akhir (final), kemudian prototype tersebut dibuang (tak dipakai).

2.Incremental
Produk finalnya dibuat sebagai komponen-komponen yang terpisah.Desain produk finalnya secara keseluruhan hanya ada satu tetapi dibagi dalam komponen-komponen lebih kecil yang terpisah (independent).

3.Evolutionary
Pada metode ini, prototipenya tidak dibuang tetapi digunakan untuk literasi desain berikutnya. Dalam hal ini, sistem atau produk yang sebenarnya dipandang sebagai evolusi dari versi awal yang sangat terbatas menuju produk final atau produk akhir.Di sisi manajemen,

Terdapat beberapa masalah potensial yang terkait dengan prototyping, seperti:
Waktu
     Membangun prototype membutuhkan waktu, sehingga seringkali prototype dipakai jika waktunya cepat. Hingga muncul istilah rapid prototyping.
Rencana
   Sebagian manajer proyek tidak memiliki pengalaman untuk menyatukan proses prototyping dengan keseluruhan rencana perancangan.
Fitur Non-Fungsional
    Seringkali fitur sistem yang paling penting merupakan fitur non-fungsional seperti safety dan reliability, tidak disertakan dalam prototyping.
Kontrak 
     Proses desain kadang dibatasi oleh kontrak antara desainer dengan customer yang mempengaruhi aspek teknik dan manajerial.

TEKHNIK PROTOTYPING
Terdapat beberapa terdapat beberapa teknik yang digunakan untuk membuat rapid prototype, seperti:

STORYBOARD, adalah bentuk prototype yang paling sederhana berupa gambaran secara grafis dari tampilan sistem yang akan dibangun tanpa fungsi dari sistem.
SIMULASI FUNGSI TERBATAS,
fungsi sistem disertakan pada prototype tidak sekadar gambar tampilannya saja.
HIGH-LEVEL PROGRAMING SUPPORT,
HyperTalk adalah contoh dari special- purpose high-level programming language yang memudahkan desainer membuat fitur tertentu dari sebuah sistem interaktif.

Contoh :
Diatas ini adalah prototype tampilan dashboard untuk pengaplikasian Business Intelligence bagi Sistem Pendukung Keputusan.

Keunggulan dan Kelemahan Prototyping.

Keunggulan prototyping adalah:
1.      Adanya komunikasi yang baik antara pengembang dan pelanggan
2.      Pengembang dapat bekerja lebih baik dalam menentukan kebutuhan pelanggan
3.      Pelanggan berperan aktif dalam pengembangan system
4.      Lebih menghemat waktu dalam pengembangan system
5.      Penerapan menjadi lebih mudah karena pemakai mengetahui apa yang diharapkannya.

Kelemahan prototyping adalah :
6.      Pelanggan kadang tidak melihat atau menyadari bahwa perangkat lunak yang ada belum mencantumkan kualitas perangkat lunak secara keseluruhan dan juga belum memikirkan kemampuan pemeliharaan untuk jangka waktu lama.
7.      Pengembang biasanya ingin cepat menyelesaikan proyek. Sehingga menggunakan algoritma dan bahasa pemrograman yang sederhana untuk membuat prototyping lebih cepat selesai tanpa memikirkan lebih lanjut bahwa program tersebut hanya merupakan cetak biru sistem .
8.      Hubungan pelanggan dengan komputer yang disediakan mungkin tidak mencerminkan teknik perancangan yang baik.

1 komentar:

  1. Casinos in Reno, NV - Mapyro
    Casinos in Reno. Find 시흥 출장마사지 Casinos 전라남도 출장안마 Near Me in Reno, NV. Mapyro offers unbiased 양산 출장샵 reviews of casinos, shows all casinos and 오산 출장안마 hotels in 세종특별자치 출장안마 Reno, NV.

    BalasHapus

 
Copyright © . STMIK SAMARINDA - Posts · Comments
Theme Template by BTDesigner · Powered by Blogger