About

CSA 07
Leader : Geraldine Susanto (12.511.020)
Member : Wanda Puspa Sari (12.511.045)

Jumat, Maret 07, 2014

Rational Rose


RATIONAL ROSE



Perangkat Pemodelan Sistem

      Rational Rose adalah perangkat lunak pemodelan visual yang sangat lengkap untuk membantu dalam analisis dan desain sistem perangkat lunak berorientasi objek. Rational Rose digunakan untuk memodelkan sistem sebelum programer yang menuliskan kode program dalam suatu bahasa (misalnya visual basic, c++, java dan bahasa lainya). Developer dapat menggunakan model sebagai cetakbiru (blueprint) untuk sistem yang akan dibangun. Pengembangan perangkat lunak tradisional belum menggunakan perangkat lunak untuk memodelkan sistem seperti pada gambar berikut ini.

      Rational Rose adalah Unified Modeling Language ( UML ) perangkat lunak alat desain berorientasi objek ditujukan untuk pemodelan visual dan konstruksi komponen aplikasi perangkat lunak tingkat perusahaan. Dalam banyak cara yang sama blok sutradara teater keluar bermain, desainer software menggunakan Rational Rose untuk visual menciptakan ( model ) kerangka untuk suatu aplikasi dengan menghalangi kelas dengan aktor ( tokoh tongkat ), elemen use case ( oval ), obyek ( persegi panjang ) dan pesan / hubungan ( panah ) dalam diagram urutan menggunakan simbol-simbol drag- and-drop. Rational Rose mendokumentasikan diagram seperti yang sedang dibangun dan kemudian menghasilkan kode dalam pilihan perancang dari C + +, Visual Basic, Java, Oracle8, Corba atau Data Definition Language.
      Dua fitur populer dari Rational Rose adalah kemampuannya untuk menyediakan pengembangan berulang dan teknik round-trip. Rational Rose memungkinkan desainer untuk mengambil keuntungan dari pembangunan berulang ( kadang-kadang disebut perkembangan evolusi ) karena aplikasi baru dapat dibuat secara bertahap dengan output dari satu iterasi menjadi masukan ke yang berikutnya. ( Hal ini berbeda dengan pembangunan air terjun di mana seluruh proyek selesai dari awal sampai selesai sebelum pengguna mendapatkan untuk mencobanya ). Kemudian sebagai pengembang mulai memahami bagaimana komponen berinteraksi dan membuat modifikasi dalam desain, Rational Rose dapat melakukan apa yang disebut "round-trip engineering" dengan kembali dan memperbarui seluruh model untuk memastikan kode tetap konsisten.
      Rational Rose adalah extensible, dengan download add-ins dan aplikasi mitra pihak ketiga. Ini mendukung COM / DCOM ( ActiveX ), JavaBeans, dan standar komponen Corba.


Proses Rekayasa Perangkat Lunak dengan Rational Rose.

      Pada pengembangan perangkat lunak modern kebutuhan didokumentasikan, dan desain objek dibuat model terlebih dahulu untuk menggambarkan sistem yang akan dibangun. Karena desain objek telah dimodelkan, sehingga kita memperoleh dokumentasi berupa gambaran sistem secara lebih lengkap sehingga tidak ada kekhawatiran jika ada anggota tim yang nonaktif atau mengundurkan diri, karena semua penggambaran sistem telah didokumentasikan secara lengkap.
Contoh Gambar :


0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright © . STMIK SAMARINDA - Posts · Comments
Theme Template by BTDesigner · Powered by Blogger