About

CSA 07
Leader : Geraldine Susanto (12.511.020)
Member : Wanda Puspa Sari (12.511.045)

Sabtu, April 12, 2014

Simbol-simbol Pada Flowchart

Soal :
1. Berikan contoh simbol yang ada pada flowchart minimal 25 simbol. Tuliskan nama asli, Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggrisnya serta fungsinya!
2. Berikan contoh simbol yang digunakan di dalam DFD serta metode siapakah yang digunakan di dalam DFD tersebut!
3. Berikan contoh simbol yang digunakan didalam ERD serta metode siapakah yang digunakan di dalam ERD tersebut dan berikan contoh metodenya!

Jawab :
1. Simbol-simbol yang digunakan di dalam system flowchart dibagi menjadi 3 kelompok yaitu :
a. Flow Direction Symbol
      Digunakan untuk menghubungkan simbol satu dengan simbol lainnya atau biasa disebut juga connecting
   line/ jalur penghubung.

b. Processing Symbol (FOP-Flow Of Process)
       Digunakan untuk menunjukan jenis operasi pengolahan dalam suatu proses/ prosedur.


c. Input/ Output System (FOD-Flow Of Document)
       Menunjukkan jenis peralatan yang digunakan sebagai media input/ output.

2. Contoh simbol yang digunakan dalam DFD adalah
 
Ada terdapat 4 komponen dalam DFD, yaitu :
1. Terminator / Entitas Luar

Terminator mewakili entitas eksternal yang berkomunikasi dengan system yang sedang dikembangkan. Terdapat dua jenis terminator yaitu terminator sumber (source) dan terminator tujuan (sink). Terminator dapat berupa orang, organisasi, departemen didalam organisasi atau system lainnya yang berada di lingkungan luarnya yang akan memberikan input atau menerima output dari system.
2. Proses


Suatu proses adalah kegiatan atau kerja yang dilakukan oleh orang, mesin atau komputer dari hasil suatu arus data yang masuk ke dalam proses untuk dihasilkan arus data yang akan keluar dari proses. Proses menggambarkan bagian dari system yang mentransformalkan input menjadi output. Proses diberi nama untuk menjelaskan proses atau kegiatan apa yang sedang atau akan dilaksanakan. Pemberian nama proses dilakukan dengan menggunakan kata kerja yang
3. Data Store

Data store digunakan untuk membuat model sekumpulan paket data. Data store ini biasanya berkaitan dengan penyimpanan-penyimpanan, seperti file atau database yang berkaitan dengan penyimpanan secara komputerisasi, misalnya file disket, file hardisk, fita meagnetik. Data store juga berkaitan dengan penyimpanan secara manual seperti buku alamat, file folder dan agenda, yang digambarkan dengan dua garis sejajar.
4. Alur Data

Alur data yang menghubungkan data store dengan suatu proses mempunyai pengertian sebagai berikut :
  a. Alur data yang berasal dari data store, berarti proses membutuhkan data yang berada pada data store
      tersebut.
  b. Alur data yang menuju ke data store, berarti suatu proses akan menghasilkan output atau keluaran yang
      disimpan pada data store tersebut.
 c. Alur data yang berasal dan yang menuju ke data store berarti suatu proses akan mengupdate
     data, menghapus atau mengubah data.

3. Ada 2 metode yang digunakan di dalam ERD (Entity Relationship Diagram), yaitu :
  a. ERD Versi Martin, Ciri-cirinya adalah relationship digambarkan dengan garis, dengan menambahkan connectivity-nya (0,1,*), Hubungan antar entity digambarkan dengan  │, <,dan  0


  
   b. ERD Versi Peter Chen, Ciri-cirinya adalah relationship digambarkan dengan diamond, kotak menggambarkan entity, oval menggambarkan atribut, jenis relation ditulis pada garis dengan menambahkan tulisan yang menggambarkan connectivity (M,N) dan cardinality (0,3). Perbedaan antara ERD versi Chen dan ERD versi Martin terletak pada hubungan antar entity atau relationshipnya.

Hubungan yang terdapat pada ERD Chen adalah : 
- Satu ke satu (One to one) Hubungan relasi satu ke satu yaitu setiap entitas pada himpunan entitas A berhubungan paling banyak dengan satu entitas pada himpunan entitas B.
- Satu ke banyak (One to many) Setiap entitas pada himpunan entitas A dapat berhubungan dengan banyak entitas pada himpunan entitas B, tetapi setiap entitas pada entitas B dapat berhubungan dengan satu entitas pada himpunan entitas A.
- Banyak ke banyak (Many to many) Setiap entitas pada himpunan entitas A dapat berhubungan dengan banyak entitas pada himpunan entitas B.


0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright © . STMIK SAMARINDA - Posts · Comments
Theme Template by BTDesigner · Powered by Blogger